Saturday, April 13, 2013

Proses Bisnis Penerimaan Mahasiswa Baru, Diagram Flowchart, dan UML

Berikut ini saya ingin berbagi Proses Bisnis Penerimaan Mahasiswa Baru untuk tingkat Universitas yang saya usulkan. Pada kali ini saya memberikan dalam pola prosedur, Diagram Flowchart dan UML. Mohon Di manfaatkan sebaik - baiknya.

Diagram Activity (UML)

 

Diagram Flowchart

 

 

Prosedur atau Skenario

1. Pembukaan Pendaftaran dan Promosi Prosedur pembukaan pendaftaran adalah sebagai berikut :
    a. Direktorat Marketing dan Komunikasi merancang jadwal untuk pendaftaran mahasiswa baru dalam sistem 2 (dua) periode
    b. Membuka jadwal pendaftaran untuk mahasiswa baru dengan sepengetahuan dari Universitas( Pimpinan Universitas, Fakultas, Prodi, PPK, PPPK, DAA) Prosedur promosi Universitas adalah sebagai berikut :
         a) Direktorat Marketing dan Komunikasi melakukan promosi melalui media – media public seperti website, Koran, brosur, Banner, dsb.
         b) Direktorat Marketing dan Komunikasi mengadakan kunjungan ke sekolah SMA/MA sederajat untuk mengenalkan Universitas dan tata cara pendaftaran dengan bekerja sama dengan Fakultas berserta Prodi
         c) Direktorat Marketing dan Komunikasi mengadakan Event/Acara untuk mengundang Orang Tua/Wali Murid maupun siswa/siswi SMA/MA sederajat untuk mengenalkan Universitas dan tata cara pendaftaran dengan bekerja sama dengan Fakultas berserta Prodi
2. Pembelian Formulir dan Username Prosedur pembelian formulir adalah sebagai berikut :
    a. Telephone Prosedur pembelian formulir adalah sebagai berikut
         1) Penelepon dilayani sesuai yang ditanyakan, dan apabila penelepon ingin mendaftar
         2) Admisi akan mengarahkan penelepon sesuai dengan daerah asal penelepon, jika dari luar kota maka di sarankan melalui online(pembelian username), jika dari sekolah yang bekerja sama maka diarahkan untuk membeli di sekolah, ataupun dapat diarahkan untuk datang langsung ke Universitas
    b. Sekolah Prosedur pembelian formulir adalah sebagai berikut :
         1) Direktorat Marketing dan Komunikasi menitipkan formulir pendaftaran di sekolah – sekolah yang telah bekerja – sama dengan Universitas
         2) Calon Mahasiswa Baru membeli formulir pendaftaran senilai Rp. 200.000,00,-
         3) Calon Mahasiswa Baru mengisi formulir pendaftaran
         4) Guru BK/ Calon Mahasiswa menyerahkan formulir beserta persyaratan ke admisi Universitas
         5) Admisi akan memberikan Tumbler dan Kartu Seleksi.
    c. Datang Langsung Prosedur pembelian formulir adalah sebagai berikut :
         1) Calon Mahasiswa Baru datang ke Gedung Rektorat Universitas dan bertemu dengan admision
         2) Calon Mahasiswa Baru membeli formulir pendaftaran di bagian admisi yang di lengkapi dengan kwintasi senilai Rp. 200.000,00,-
         3) Calon Mahasiswa Baru mengisi formulir pendaftaran
         4) Admisi akan menginformasikan mengenai persyaratan dan saran mengenai jurusan yang akan di ambil sesuai dengan pertimbangan asal sekolah dan jurusan di SMA/MA sederajat.
         5) Calon mahasiswa baru menyerahkan kembali formulir yang telah di isi beserta persyaratan ke bagian admisi
         6) Admisi akan memberikan Tumbler dan Kartu Seleksi.
    c. Prosedur pembelian username adalah sebagai berikut :
         1. Calon mahasiswa melakukan pendaftaran awal melalui www.universitas.ac.id/pmb
         2. Calon mahasiswa akan mendapatkan username secara acak. Dan melakukan cetak username tersebut.
         3. Calon mahasiswa yang telah mendapatkan username akan melakukan pembelian password senilai Rp. 200.000,00,- ke rekening XXX-XX-XXXX-00-X dengan melakukan masukan username dan mencocokan nama dari calon mahasiswa yang telah terdaftar dari pendaftaran awal.
         4. Calon mahasiswa akan mendapat password untuk melanjutkan pelengkapan berkas dengan login sesuai dengan password yang ada.
         5. Admisi akan mengecek berkas yang telah masuk dan menverifikasi berkas melalui website yang tersedia.
         6. Calon Mahasiswa yang telah terverifikasi akan dapat mengerprint Kartu Seleksi.
3. Penerimaan dan Pengecekan Berkas Prosedur Pengecekan dan Penerimaan Berkas adalah sebagai Berikut :
    1. Calon mahasiswa harus menlengkapi semua persyaratan pendaftaran yang diminta oleh Universitas, Antara Lain : a. Formulir Pendaftaran b. Kwintasi c. Pas Foto 4x6(3 lembar untuk yang offline) d. Fotocopy KTP/Paspor/Identitas Diri e. Fotocopy Akte Kelahiran f. Fotocopy Rapot (X,XI,XII) terlegalisir g. Fotocopy Ijazah dan SKHUN terlegalisir
    2. Admisi Mengecek Kelengkapan Berkas Online maupun Offline
4. Penjadwalan Seleksi Tulis Prosedur
    Penjadwalan Seleksi Tulis adalah sebagai berikut
    a. Jadwal seleksi terdapat 2 periode dan di jadwalkan setelah penutupan pendaftaran setiap periodenya.
    b. Jadwal seleksi direncanakan selesai dalam 1 hari sesuai dengan jumlah pendaftar, dapat berubah apabila jumlah pendaftar dan kelas maupun penguji tidak mampu mengatasinya.
    c. Dengan rincian sebagai berikut :
           i. 1 jam untuk bahasa inggris
           ii. 2 jam untuk fisika dan matematika
           iii. 1 jam untuk kima dan biologi (optional jurusan)
           iv. 1 jam untuk TPA
5. Seleksi
    a. Setelah calon mahasiswa mengumpulkan berkas maka admisi akan melaksanakan seleksi dengan pertimbangan Rapot, Sertifikat, dan hasil dari seleksi Tulis.
    b. Hasil dari seleksi akan di pantau oleh pemimpin ma chung dan di umumkan di Universitas dan akan di sebarkan melalui Pos ke Alamat Rumah masing – masing pendaftar.
    c. Calon Mahasiswa tidak diterima apabila seleksi tulis maupun rapot masih di bawah SKM
    d. Apabila Calon Mahasiswa dinyatakan di terima maka calon mahasiswa harus melakukan pendaftaran ulang
6. Daftar Ulang dan Penerbitan SPK dan SKR
    Daftar ulang dengan jangka waktu 1 minggu dari pengumuman selama dalam seminggu akan di follow up oleh admisi untuk melakukan daftar ulang pada hari 4 dan ke 5 Dalam Daftar Ulang Calon Mahasiswa dan Orangtua/Wali harus menyatakan kesepakatan(surat perjanjian di atas materai) untuk masuk ke Universitas Calon Mahasiswa Akan mendapatkan copy SPK, SKR dan pemberitahuan untuk melakukan pembayaran Uang Kuliah dan OSPEK melalui POS ke Alamat Mahasiswa.
7. Pembayaran Kuliah
    Calon mahasiswa di anjurkan untuk membuka rekening di CMIB untuk pembayaran uang kuliah, apabila belum memiliki KTP dapat di atas namakan Orangtua/Wali. Apabila dalam seminggu calon mahasiswa belum melakukan transaksi atau pembayaran maka akan di follow up lagi pada hari 4 dan ke 5.
8. Distribusi Berkas
    Setiap hari berkas calon mahasiswa yang telah masuk maupun telah sepakat maka akan di arsipkan masing – masing calon mahasiswa dengan sheet protector. Dan di scan untuk disimpan dalam direktori yang telah disediakan. Untuk yang online file yang telah masuk di print dan disimpan dalam sheet protector, dan filenya langsung disimpan pada direktori yang sama atau yang telah disediakan. Berkas calon mahasiswa yang telah di terima akan diteruskan menuju DPPPK untuk di klarisifikasi mengenai pembayaran jika telah membayar akan di teruskan kembali DAA untuk arsip kedepannya.
9. OSPEK dan Perkuliahan
    a. OSPEK merupakan kegiatan wajib yang harus di ikuti oleh mahasiswa baru, yang merupakan kegiatan pengembangan diri dan pembentukan pola pikir dari mahasiswa baru sebelum melakukan perkuliahan.
    b. Setelah semua persyaratan sudah diselesaikan semua mahasiswa baru wajib mengikuti Intensive Course, Study Skill, OSPEK Selama ±1 minggu
    c. Setelah OSPEK sudah selesai maka perkuliahan dimulai, mahasiswa baru akan diberikan sesuai paket SKS dari masing masing jurusan

1 comments:

Unknown said...

numpang sedot gan

Post a Comment